Latar Belakang PKB XII IDAI SUMUT 2022
“Penanggulangan Penyakit Utama pada Anak di Era Pandemi”

Sudah lebih dari dua tahun pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan hal tersebut tentunya berdampak pada praktik dokter sehari-hari, dimulai dari jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap yang semakin menurun, interupsi pada program imunisasi, paparan virus dan bakteri yang rendah kepada anak akibat pembelajaran daring, dan lainnya yang menyebabkan anak menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Berkurangnya jumlah kunjungan pasien juga menyebabkan para klinisi semakin jarang menemui kasus-kasus yang umum pada anak, progresivitas penyakit akibat penundaan kunjungan. Sedangkan interupsi pada program imunisasi dan penyakit menular menyebabkan meningkatnya kasus-kasus yang sudah terkontrol dengan baik yang kembali menjadi masalah di masyarakat.

Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) merupakan ajang pertemuan ilmiah bagi para dokter anak, calon dokter anak dan profesional lain yang terkait untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme. PKB dirancang agar semua dokter, mulai dari dokter umum sampai pada dokter spesialis siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi yang berdampak dalam praktik sehari-hari. Atas dasar tersebut, kolegium Ikatan Dokter Anak Indonesia cabang Sumatera Utara mengangkat tema “Penanggulangan Penyakit Utama Pada Anak Di Era Pandemi” yang akan berfokus pada infeksi dan penyakit tropis, respirologi, gastroenterohepatologi dan emergensi dengan membahas penyakit-penyakit utama pada anak.

Penyelenggara

Sosial Media

Hubungi Kami

Masukkan Email yang telah terdaftar

Kata Sambutan Ketua IDAI Cabang Sumatera Utara

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yth Teman Sejawat Sekalian

Semoga Allah Swt memberikan Rahmat-NYA kepada kita semua. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar di berbagai hal, menurunnya jumlah kunjungan praktek sehari-hari menyebakan para dokter menjadi jarang menemui kasus-kasus umum pada anak. Pendidikan kedokteran berkelanjutan dirancang untuk dokter anak dan dokter umum agar pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan pada pasien anak selalu mengikuti perkembangan ilmu kedokteran terkini. Topik ilmiah secara berkala dipilih berdasarkan masalah yang perlu mendapat perhatian dan kerap dijumpai dalam praktek sehari-hari.

Oleh karena itu, pada kegiatan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan ke-12 Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Sumatera Utara (PKB XII IDAI SUMUT 2022) kali ini mengusung tema “Penanggulangan Penyakit Utama pada Anak di Era Pandemi”, selain tetap membahas penyakti-penyakit yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari, juga membicarakan dampak Covid-19 terhadap penyakit global pada anak dimasa ini. Acara ini akan dilaksanakan secara luring sehingga tentunya akan memberikan kesan yang berbeda di masa pandemi ini. Kami percaya setelah mengikuti PKB ini para peserta akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang relevan diaplikasikan dalam pelayanan kesehatan anak. Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada Ketua PKB-12 IDAI SUMUT beserta seluruh panitia atas kinerja yang maksimal dalam mempersiapka kegiatan ini. Tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada mitra kerja yang telah berkontribusi pada kegiatan ini. Selamat mengikuti PKB ini, semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan perlindungan kepada kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Dr. Yazid Dimyati, Sp.A(K)

Masukkan Email yang telah terdaftar

Registrasi

A problem was detected in the following Form. Submitting it could result in errors. Please contact the site administrator.
WS Gastrohepatologi (Konstipasi - Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 13.35 – 17.55). Sudah Penuh
WS Infeksi & Penyakit Tropis (Demam dengan Ruam, Sabtu 30 Juli 2022 pukul 13.35 – 17.55). Sudah Penuh
WS Gastrohepatologi (Diagnosis dan Tatalaksana Nyeri Perut), 31 Juli 2022.sudah penuh
WS Respirologi (Asma dan Terapi Inhalasi - Minggu, 31 Juli 2022 pukul 13.30 – 17.30). Sudah Penuh

Kata Sambutan Ketua Panitia PKB XII Medan

Assalamualaikum Prof, Doktor dan Dokter sekalian

Dengan hormat, kami mengawali dengan doa semoga Allah SWT memberikan kesehatan kepada kita semua. Marilah kita sejenak memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT agar senantiasa keberkahan umur kita hari ini selalu mendapat keridoan dari-Nya, diberikan kelapangan rejeki dan kesehatan agar senantiasa dapat beribadah dan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dalam kehidupan kita. Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah menjadi tauladan dan tuntunan contoh terbaik bagi kita dalam menjalani kehidupan dunia ini.

Menuntut ilmu merupakan suatu yang menjadi ibadah luar biasa bagi kita, ilmu yang dapat diaplikasikan dan diterapkan dalam praktek sehari-hari untuk kesembuhan anak-anak kita juga akan menjadi ladang pahala yang luar biasa, apalagi ilmu yang sudah dapat kembali lagi kita ajarkan kepada orangtua dan generasi penerus bangsa tentunya akan menjadikan amal jariyah yang akan mengalir pahala terus menerus meskipun kelak kita sudah tiada.

Oleh karena itu kami berusaha dan berupaya akan membuat suatu kegiatan yang kami harapkan dapat menjadikan awal amal jariyah bagi kita semua melalui kegiatan pendidikan kedokteran berkelanjutan ke-12 Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Sumatera Utara (PKB XII IDAI Sumut 2022) dengan tema “Penanggulangan Penyakit Utama pada Anak di Era Pandemi” di hotel Santika Premiere Dyandra Medan pada tanggal 30 dan 31 Juli 2022. Kami mengundang guru-guru kami Prof, Doktor dan dokter sekalian untuk bersama-sama dapat menghadiri acara tersebut. Pandemi telah membuat kita tak mampu berdekatan, tak mampu berperlukan melepas rindu, kita juga tentunya sudah lama merindukan nuansa kekeluargaan yang membahagiakan, bisa berjabat tangan bersama, canda tawa di satu meja yang sama dan mengenang masa-masa indah dulu yang penah terukir di memori dan ingatan kita bersama. Saat ini kami merasa acara ini adalah momen yang tepat untuk kembali mewujudkan semua impian dan melepas semua kerinduan itu sambil merasakan menambah keilmuan kita yang selama ini lebih banyak dilakukan secara online karena kami hadir pada acara PKB XII ini insyaaAllah akan dilakukan sepenuhnya secara tatap muka (offline).

Akhir kata semoga kita selalu diberikan rahmat oleh-Nya, dan dapat bersama kami dalam acara tersebut serta kami nantikan kehadiran semuanya. Terima kasih kepada Prof, Doktor dan dokter sekalian.

Wassalamu’alaikum, warahmatullahi wabarakatuh
Dr. Ade Rachmat Yudiyanto, M.Ked.(Ped), Sp.A(K)